Perawatan tersebut dapat berupa menyiapkan lahan dan
bibit yang baik, menanam dengan baik, menyirami tanaman secara berkala,
pemberian pupuk, menyiangi rerumputan di sekitar tanaman, serta hal lain yang
bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.
Begitu pula dengan pendidikan. Hendaknya pendidikan dapat dimulai dengan mempersiapkan
tempat yang baik. Tempat di sini dapat mencakup seluruh aspek, baik tempat dari
sudut sarana prasarana pendidikan maupun visi misi dan tujuan pendidikan yang
kelak menjadi karakter lembaga tersebut.
Jika sebuah lembaga pendidikan telah mempersiapkan ciri
khas karakter yang akan menjadi branding lembaganya sejak awal, maka hal tersebut
juga akan menjadi tolak ukur lembaga pendidikan dalam menentukan dan merekrut
tenaga pendidikan dan kependidikan yang sesuai dengan visi misinya.
Lembaga pendidikan yang baik ialah tempat yang
mengedepankan mutu kualitas outputnya. Kualitas output sangat dipengaruhi oleh
sistem pengelolaan pendidikan yang berkualitas pula. Oleh karenanya, kepala
sekolah yang berposisi sebagai pimpinan lembaga pendidikan, memiliki peran
penting dalam mengelola sistem pendidikan.
Sebagai nahkoda, tentu kepala sekolah harus memiliki
syarat dan kualifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan anggotanya. Karena
kepala sekolah merupakan pengendali dan penentu kebijakan sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar