Jika dua orang atau lebih bekerja sama, maka perlu adanya
komunikasi antar mereka. Makin baik komunikasi
mereka, makin baik pula kemungkinan kerja sama mereka.
Komunikasi adalah penyampaian informasi, ide atau gagasan pendapat,
dan saran- saran guna melancarkan kerja sama dengan sekelompok orang untuk
mencapai tujuan tertentu.
Komunikasi yang efektif hanya akan berlangsung apabila setiap individu
memperlakukan individu yang lain sebagai subjek yang dilakukan dalam bentuk
saling menghormati, saling menghargai dan saling mempercayai. Dari komunikasi
itulah terbentuk suasana yang akrab dan harmonis.
Bagi seorang manajer,
komunikasi harus mendapat perhatian yang semaksimal mungkin karena komunikasi
yang baik berfungsi untuk menghindari salah paham, ketersinggungan, bahkan
permusuhan. Komunikasi harus mampu menghormaniskan pergaulan sosial maupun
hubungan kerja sehingga tercipta kondisi yang kondusif untuk memajukan lembaga.
Setiap
manajer sekurang-kurangnya akan berinteraksi dan berkomunikasi dengan pihak-
pihak seperti dengan bawahannya, atasannya, spesialis, kelompok manajer,
masyarakat, kelompok lainnya, asosiasi profesi, pemerintah, pelanggan, stakeholders,
supplier, dan organisasi-
organisasi lain.
Komunikasi yang baik antara berbagai personil harus dikembangkan sedemikian rupa untuk mencapai hasil
seoptimal mungkin. Kurang komunikasi akan mengakibatkan kurangnya hasil yang dapat terwujud,
bahkan sering gagal dalam mencapai tujuan.
Dalam suatu organisasi
yang hubungan antarpersonalnya kurang harmonis, acuh tak
acuh satu sama lain, maka akan sukar mencari titik temu dan jalan keluar dalam berbagai
masalah.
Hal ini karena setiap personil menghadapi masalah
pekerjaannya masing- masing dan mencari alternatif pemecahan masalah tersebut
sendiri-sendiri.
Upaya membina komunikasi
tidak sekedar untuk menciptakan kondisi yang menarik dan hangat, tetapi akan
mendapat makna yang mendalam dan berarti bagi organisasi. Dengan demikian, setiap personal dapat bekerja tenang
dan menyenangkan serta terdorong untuk berprestasi lebih baik, dan mengerjakan
tugas dengan penuh kesadaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar