Minggu, 19 April 2020

Waspada dengan Penculikan Anak


Akhir-akhir ini banyak terdengar berita tentang penculikan anak. Berita yang simpang siur membuat masyarakat menjadi resah, terutama bagi para orang tua yang mempunyai anak balita.

Bagaimanapun, melindungi anak adalah menjadi tanggung jawab dan kewajiban orang tua. Saat ini yang perlu kita ambil hikmahnya dari berbagai berita tersebut adalah bagaimana kita sebagai orang tua harus waspada dalam menjaga keselamatan anak-anak kita.

        Ada beberapa hal yang perlu diterapkan dalam menjaga anak dari penculikan. Pertama, orang tua hendaknya memberikan pengertian kepada anak untuk tidak mudah percaya dan mau diajak pergi oleh orang yang belum di kenal.

Kedua, sampaikan kepada anak bahwa yang boleh mengajak pergi adalah orang tua dan saudara-saudaranya seperti kakek nenek, paman-bibi, kakak-sepupu, dan keluarga lain yang dikenalnya.

Disamping penanaman pengertian kepada anak, hal penting lainya adalah menyampaikan kepada pihak pengasuh atau pihak sekolah tempat anak kita titipkan. Ada beberapa hal yang perlu disampaikan kepada pengasuh/sekolah. Pertama, sampaikan bahwa sekolah tidak membolehkan anak dijemput oleh orang yang bukan biasa menjemputnya tanpa informasi dari orang tua.

Kedua, memastikan keamanan kondisi sekolah tempat anak kita dititipkan.. Pengawasan bermain yang ketat dan anak tidak dibiarkan bermain tanpa pengawasan guru. Ketiga, guru bisa segera memberitahu orang tua jika terjadi hal-hal yang mencurigakan. Misalnya jika ada tamu yang menanyakan informasi tentang anak kita.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghindarkan anak kita dari korban penculikan. Semoga tulisan ini membantu mengurangi keresahan orang tua dalam menanggapi berita-berita penculikan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar