Sabtu, 18 April 2020

Individu itu Unik


Dalam kegiatan sehari-hari, kita akan berinteraksi dengan orang yang berbeda-beda. Kegiatan belajar mengajar di kelas adalah salah satu contoh interaksi antara siswa dan guru. Interaksi yang berlangsung secara terus menerus dapat menghasilkan komunikasi yang baik antara guru dan siswa.

Sebagai guru, memahami siswa adalah kunci utama dalam proses pembelajaran. Ketika proses pembelajaran berlangsung, kita akan menemukan hal-hal unik yang ditunjukkan oleh siswa-siswi. Keunikan yang dimiliki setiap siswa dapat diamati melalui sifat, tingkah laku, dan cara berfikir.

Misalnya ada siswa yang selalu mencari perhatian. Setiap kali guru memberi pertanyaan, siswa tersebut akan selalu mengangkat tangannya walaupun jawabannya kurang tepat. Sering juga ada siswa yang aktif bertanya tentang hal-hal di luar materi yang sedang dibahas. 

Ada juga siswa yang lebih memilih duduk di pojok belakang, pendiam, dalam kegiatan pembelajaran terlihat biasa saja. Namun, ketika ulangan ternyata siswa tersebut mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Dengan mengamati pola perilaku dan cara berfikir siswa yang unik tersebut, kita bisa membantu mereka untuk mengenali dan menggali potensi dirinya secara optimal. Seperti yang tertulis di buku yang berjudul Principles of Language Learning and Teaching bahwa Every learner is unique. Every teacher is unique. (Setiap siswa adalah unik. Setiap guru adalah unik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar