Dalam kegiatan sehari-hari,
kita akan berinteraksi dengan orang yang berbeda-beda. Kegiatan belajar
mengajar di kelas adalah salah satu contoh interaksi antara siswa dan guru.
Interaksi yang berlangsung secara terus menerus dapat menghasilkan komunikasi
yang baik antara guru dan siswa.
Sebagai guru, memahami siswa
adalah kunci utama dalam proses pembelajaran. Ketika proses pembelajaran
berlangsung, kita akan menemukan hal-hal unik yang ditunjukkan oleh
siswa-siswi. Keunikan yang dimiliki setiap siswa dapat diamati melalui sifat,
tingkah laku, dan cara berfikir.
Misalnya ada siswa yang
selalu mencari perhatian. Setiap kali guru memberi pertanyaan, siswa tersebut
akan selalu mengangkat tangannya walaupun jawabannya kurang tepat. Sering juga
ada siswa yang aktif bertanya tentang hal-hal di luar materi yang sedang
dibahas.
Ada juga siswa yang lebih memilih duduk di pojok belakang, pendiam,
dalam kegiatan pembelajaran terlihat biasa saja. Namun, ketika ulangan ternyata
siswa tersebut mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.
Dengan mengamati pola
perilaku dan cara berfikir siswa yang unik tersebut, kita bisa membantu mereka
untuk mengenali dan menggali potensi dirinya secara optimal. Seperti yang
tertulis di buku yang berjudul Principles
of Language Learning and Teaching bahwa
Every learner is unique. Every teacher is unique. (Setiap siswa adalah
unik. Setiap guru adalah unik)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar