Rabu, 08 April 2020

Liburan Sekolah yang Menyenangkan


Liburan sekolah baru saja usai. Para siswa kembali ke bangku sekolah. Dua pekan adalah waktu yang tidak sebentar untuk sebuah liburan sekolah. Berbagai cerita selama liburan akan menjadi topik perbincangan di ruang-ruang kelas.

Cerita liburan dari para siswa sangatlah beragam. Rata-rata mereka mengisi liburan dengan wisata bersama keluarga, di samping jalan-jalan menengok kakek nenek dan saudara jauh.

Mengisi liburan sekolah bagi para siswa bukan hal yang mudah. Dukungan orang tua menjadi faktor yang sangat penting, minimal dukungan berupa materi. Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah tamasya: transportasi, konsumsi, tiket masuk lokasi, tiket tiap wahana, dan penginapan bagi yang terpaksa bermalam.

Tidak setiap orang tua mampu untuk itu. Orang tua juga memiliki beragam keterbatasan, terutama waktu dan biaya. Terlebih bagi suami istri yang bekerja, maka tidak bisa sepenuhnya membersamai liburan anaknya. Waktu untuk acara keluar satu keluarga sangat terbatas, sore hari sepulang bekerja, atau di hari libur kantor.

Tidak setiap orang tua juga memiliki kecukupan biaya untuk sekedar bertamasya satu keluarga. Perlu persiapan finansial agar acara keluarga saat liburan sekolah bisa terwujud. Dengan kondisi seperti ini, orang tua dituntut untuk lebih kreatif menghadirkan kegiatan pengisi liburan yang murah meriah.


          Bertamasya tidak harus jauh dan membuang banyak biaya. Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan seperti: memancing, kemah di depan rumah, membuat hasta karya, mengunjungi pasar, melihat pameran buku dan berenang di kolam renang. Bisa juga dengan menengok saudara yang dekat rumah dan di kampungnya punya beberapa wahana: olah raga, kesenian, pertanian, perikanan, peternakan, mata air, sungai, kolam, sawah dan kebun.

Bagi orang tua yang memiliki ketercukupan dana, bisa mengikutkan anak-anaknya pada berbagai kegiatan positif yang ditawarkan sejumlah lembaga. Di antaranya adalah pesantren liburan, homestay berbasis pendidikan, kemah pelajar dan bimbingan intensif bahasa Inggris (English camp).

  Mengisi liburan dengan kegiatan yang bermanfaat dan mengesankan adalah hal yang sangat penting. Ketika liburan sekolah diisi dengan berbagai kegiatan yang berkesan, maka para siswa akan lebih semangat saat menyambut hari pertama masuk sekolah. Para siswa akan hadir di sekolah dengan antusias, karena siap berbagi pengalaman seru dan baru kepada teman-temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar