Jumat, 17 April 2020

Selalu Mensyukuri Nikmat

Begitu indah pemandangan alam di sekitar kita. Laut yang luas, langit yang membentang, gunung yang menjulang dan semua yang ada di alam raya ini. Jika kita renungkan betapa banyak nikmat dari Allah yang kita rasakan dan kita nikmati dalam kehidupan ini. Maka kita tidak akan bisa menghitungnya walau sedetik, sejam, sehari apalagi selama hidup.

Allah telah memberi nikmat yang banyak pada manusia berupa kelengkapan anggota tubuh, menyediakan kebutuhan hidup berupa makanan, pakaian dan lainnya. Demikian mengagumkan ciptaan-Nya di alam semesta yang bisa kita saksikan.


Ketika salah satu nikmat di atas dicabut, maka kita baru akan merasakan betapa berharganya nikmat tersebut. Ketika mata tidak bisa melihat, dengan apa akan diganti. Bila telinga tuli, dengan apa pula akan diganti. Nikmat sehat akan terasa ketika kita sakit.

Lalu bagaimana seharusnya kita menyikapi semua itu? Selalu Mensyukuri nikmat. Yaitu menggunakan nikmat untuk mengabdi atau beribadah kepada-Nya.

Sikap syukur perlu menjadi kepribadian setiap kita. Sikap ini mengingatkan untuk berterima kasih kepada pemberi nikmat dan perantara nikmat yang diperolehnya (manusia). Dengan syukur, ia akan rela dan puas atas nikmat yang diterima dengan tetap meningkatkan usaha guna mendapat nikmat yang lebih. 

Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang selalu mengingat nikmat dengan pandai bersyukur. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar