Kamis, 16 April 2020

Prestasi Luar Biasa Menjadi Bunda


Mungkin karena rutinitas, saya menganggap menjadi seorang bunda adalah hal yang biasa saja dan bukanlah prestasi yang luar biasa. Hingga suatu saat saya merenungkan perkataan teman saya yang mengatakan bahwa menjadi bunda adalah prestasi yang luar biasa.

Menjadi seorang bunda adalah bersiap menjadi sosok yang siap dibutuhkan bagi anak-anaknya. Jelas hal itu memerlukan kekuatan dan pengorbanan  luar biasa. Merelakan kesenangan pribadi, untuk anak-anak tercinta. 

Tentunya bunda harus kuat, karena akan mendidik dan menjadi teladan bagi anak-anaknya. Pelajaran berharga menjadi bunda adalah kita mendapat semangat dan dorongan yang luar biasa untuk terus berprestasi.

Trial and error dalam mendidik anak pertama sangat saya rasakan. Kondisi yang masih labil dan idealis membuat saya terasa kencang terhadap anak pertama saya. Saya pun mencoba belajar dari pengalaman anak pertama. Terhadap anak kedua dan ketiga saya mencoba tarik ulur dalam mendidik anak. Tetap tegas dalam hal prinsip namun lebih banyak memberikan ruang kepada anak untuk memberikan pendapatnya dan lebih sering mengajak bicara juga berdialog.

Kita bisa banyak belajar dari mereka. Tugas kita sebagai bunda adalah memahami mereka dan membantu melejitkan potensi mereka. Jadi kepada para bunda, banggalah menjadi seorang bunda. Karena itu adalah sebuah prestasi yang luar biasa, yang mungkin belum semua orang merasakannya.

Kita akan merasakan energi yang luar biasa yang tidak kita dapatkan sebelumnya. Energi dari Sang Khalik tentunya. Semoga kita bisa menjadi seorang bunda yang menjadi sahabat bagi anak-anak kita, yang mampu mendengarkan suara mereka. Dan semoga anak-anak kita menjadi penyejuk mata hati kita. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar