Sabtu, 11 April 2020

Solusi untuk Aksi Klitih


Jogjakarta adalah kota pelajar. Namun, hal ini belum tercermin secara utuh. Akhir-akhir ini, ada beberapa pelajar yang melakukan aksi klitih dengan melukai orang lain.

Fenomena klitih  beberapa bulan terakhir  ini menjadi keprihatinan semua pihak. Sehingga, beberapa minggu yang lalu, kepala SMP/MTs se-kabupaten Sleman bersama bupati, kapolres, dan dinas pendidikan melakukan saresehan pembinaan karakter bagi siswa.

Tindakan klitih ini sudah termasuk tindakan kriminal. Oleh karena itu, setiap sekolah perlu melakukan berbagai tindakan untuk mencegah terjadinya perbuatan tersebut.

Apapun solusi untuk mencegah aksi klitih, harus disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik sekolah masing-masing. Titik tekannya ada pada tiga komponen pendidikan.

Pertama sekolah, hendaknya menjadi taman belajar yang indah bagi siswa. Hal ini bisa diwujudkan dengan berbagai program sekolah yang bisa menarik minat dan bakat siswa. Selain itu, warga sekolah perlu menciptakan suasana ramah terhadap siswa sehingga tercipta susana belajar yang nyaman dan siswa ingin terus berlama-lama di sekolah.

Kedua orang tua, hendaknya menjadi teman baik dalam segala pebuatan termasuk berkomunikasi. Salah satu kesimpulan yang didapat oleh pihak berwajib, perilaku klitih disebabkan karena kurangnya komunikasi orang tua dengan anaknya. Kurangnya komunikasi ini bisa berwujud kekerasan kepada anak baik verbal maupun fisik dan perceraian.

Ketiga pemerintah, hendaknya menjadi mitra strategis dalam mewujudkan pendidikan yang efektif dan efesien bagi siswa. Tentu yang lebih pokok adalah bagaimana pemerintah melalui pihak yang berwajib mencegah perilaku klitih baik melalui penyuluhan ke sekolah-sekolah maupun pembinaan terhadap pelakunya.

Apabila tiga komponen ini saling bergandengan tangan, insya-allah dapat mengurangi terjadinya tindakan klitih. Mari kita wujudkan Yogyakarta sebagai kota pelajar sejati!

Keterangan:
Tulisan ini pernah dimuat di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar