Kamis, 30 April 2020

Menjaga Visi Remaja Islam


Masa remaja adalah masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa. Hal ini mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial emosional.  Fase remaja merupakan periode kehidupan manusia yang sangat strategis, penting dan berdampak luas bagi perkembangan kehidupan berikutnya.

Pertumbuhan fisik sangat pesat akan tetapi tidak proporsional adapun perkembangan kognitif remaja mencapai kesempurnaan secara fungsional. Mampu berfikir logis, membuat rencana dan strategi, membedakan yang konkrit dan abstrak dan munculnya kemampuan nalar ilmiah.

Selain itu perkembangan emosi, moral, sosial dan kepribadian remaja turut mengalami perubahan drastis. Apabila remaja tinggal di lingkungan yang tidak kondusif akan ada banyak hal yang mempengaruhi berbagai perkembangan tersebut menjadi kurang baik.
         
Seiring perkembangan zaman, teknologi pun turut mengalami kemajuan begitu pesat. Ia mempermudah berbagai pekerjaan dan informasi. Bahkan dengan mudah segala sesuatu menjadi viral dan ditiru. Tidak sedikit perkembangan teknologi informasi memberikan efek negatif bagi remaja. Mengacaukan perkembangan remaja bahkan dapat merubah visi remaja yang sesungguhnya, termasuk nilai-nilai kehidupan Islami remaja yang mulai terabaikan.

Maka dari itu, seluruh orang tua dan tenaga pendidik perlu memberikan perhatian khusus terhadap fenomena ini, di antaranya: mengatur dan merancang strategi agar visi remaja Islam tetap terjaga; membentuk remaja dengan aqidah kuat, ibadah hebat serta berwawasan luas.

Kita tidak menghindari perkembangan teknologi. Bahkan sebaliknya, mari kita manfaatkan teknologi secara baik dan bijak sebagai alat bantu untuk menanamkan visi Islam terhadap remaja yang merupakan aset dan harapan masa depan bangsa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar