Minggu, 26 April 2020

Program Mentoring di Sekolah


Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam mengukur tingkat kemajuan sebuah bangsa. Negara maju tentu sangat memperhatikan kualitas pendidikan. Dalam pengembangannya, pendidikan selalu menekankan pentingnya pendidikan moral spiritual terutama melalui pendalaman keyakinan terhadap agama. Oleh karena itu, pemahaman terhadap agama menjadi dasar dalam memupuk dan menanamkan nilai-nilai moral spiritual dalam setiap kegiatan belajar mengajar.

Salah satu kegiatan yang bisa diselenggarakan adalah program pendampingan keagamaan yang dikenal dengan program mentoring. Program ini merupakan realisasi dari teladan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam dalam mencetak generasi pada masa awal Islam yang kemudian dilanjutkan oleh generasi-generasi setelahnya.

Dalam kegiatan ini, siswa dibuatkan sebuah kelompok diskusi yang diampu langsung oleh seorang mentor baik dari kalangan guru maupun warga luar sekolah yang memiliki keahlian untuk menjadi mentor. Melalui pendekatan persaudaraan, kelompok ini lantas diikat dengan semangat ukhuwah islamiyyah, dimana antara satu dengan yang lain adalah saudara seiman yang akan saling menjaga dan mengingatkan dalam kebaikan.

Mentor menyampaikan ilmu-ilmu agama melalui berbagai kegiatan yang variatif, konstruktif dan atraktif. Sehingga, nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan akan lebih mudah tertanam dalam diri siswa.

Selanjutnya, keberhasilan proses penanaman nilai keimanan dan ketaqwaan di sekolah melalui program mentoring membutuhkan dukungan dari pihak-pihak terkait. Yang pertama dan paling utama adalah kedua orangtua, terutama ibu sebagai al madrasatul ula, kemudian seluruh warga sekolah dan warga sekitar sekolah.

Pemerintah juga turut berperan terutama melalui peraturan-peraturan untuk memantapkan sistem pendidikan nasional yang menjamin terlaksananya proses belajar mengajar yang menumbuhkan moral dan spiritual siswa yang luhur serta menguatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar