Minggu, 19 April 2020

Mendampingi Anak Saat Ujian


      Sudah menjadi rahasia umum, jika anak-anak akan menghadapi ujian sekolah, justru yang lebih heboh adalah orang tuanya. Ada yang mencarikan tempat les atau mendatangkan guru ke rumah.

Tahun ini dua anak saya akan menghadapi ujian sekolah. Anak sulung saya kelas 9 dan anak kedua saya kelas 6. Sebagai orang tua tentunya saya juga menginginkan yang terbaik untuk anak-anak. Begitupun saat menghadapi ujian sekolah pastinya saya menginginkan anak –anak memperoleh nilai yang memuaskan.

            Lulus ujian sekolah dengan nilai memuaskan demi bisa masuk sekolah favorit bukanlah segala-galanya. Kasihan anak-anak jika keberhasilan mereka selama sekian tahun belajar di sekolah hanya ditentukan dengan nilai ujian sekolah yang hanya dilakukan dalam beberapa hari saja.

Apakah tidak ada penghargaan untuk hal lain yang telah mereka capai selain hasil ujian sekolah? Sehingga selalu sampaikan kepada anak-anak, bahwa saya tidak terlalu mengharapkan mereka mendapatkan nilai yang tinggi. Yang terpenting usaha maksimal yang mereka lakukan dan jujur dalam mendapatkannya.

Sejauh ini meskipun bukan yang terbaik tapi nilai anak-anak saya termasuk yang kategori lumayan.

Jadi ayah/bunda tidak perlu stres saat mendampingi anak menyambut ujian sekolah. Yang penting berikan selalu semangat agar anak kita mau berusaha maksimal. Apapun hasilnya tidak perlu kecewa, sebab lulus ujian sekolah dengan nilai tinggi bukan jaminan anak sukses di kemudian hari.

Hargai usaha anak-anak kita. Jangan lupa dukung mereka agar tetap jujur dalam ujian sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar