Rabu, 22 April 2020

Meraut Potensi yang Tumpul


Manusia diciptakan oleh Allah SWT dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Seyogyanya hanya lantunan dzikir dan syukur atas karunia yang diberikan Allah SWT. Segala kekurangan, kelebihan dan potensi melekat pada manusia.    

Ada banyak peran yang bisa dilakukan oleh sekolah dalam mengembangkan potensi para siswa. Pertama, memandang siswa dari sudut kelebihannya. Allah SWT menciptakan manusia pasti disertai dengan kelebihan dan kekurangan. Siswa yang sering mengganggu temannya saat di kelas pun pasti ada kelebihannya.

Di sinilah peran guru sangat diperlukan untuk mengamati dan memahami kelebihan masing-masing siswa. Ketika guru memandang siswa dari sudut kelebihannya, maka potensi dari siswa mulai terlihat dan dapat dijadikan pedoman untuk memfasiltasi kelebihannya.

Kedua, fasilitasi kegiatan yang disukai siswa melalui ekstrakurikuler. Saat menyelenggaran ekstrakurikuler, susunlah target yang hendak dicapai pada setiap jenis ekstrakurikuler. Misal, ekstrakurikuler memanah semester pertama memiliki target siswa mampu berdiri dengan sikap yang benar, memasang ekor panah, mengangkat lengan dengan benar, serta dapat menarik busur dengan tepat.

Target yang sudah tersusun selama satu semester dapat kita pantau setiap bulan. Dengan adanya target dan pemantauan ini, sehingga penyelenggaraan ekstrakurikuler memiliki arah dan tujuan yang jelas.

Ketiga, komunikasi dengan orangtua siswa. Sampaikanlah kelebihan siswa saat berada di sekolah kepada orang tua, agar orangtua faham dan bertekad kuat untuk memfasilitasi kelebihan buah hatinya. Komunikasi intens bisa menjadi ikhtiar bersama untuk membantu siswa mengembangkan potensinya untuk menuju jalan kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar