Minggu, 19 April 2020

Belajar Disiplin dengan Shalat

Sebagai umat Islam, seharusnya tidak sulit bagi kita untuk menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan kita sehari–hari. Karena melalui shalat wajib lima kali sehari, kita dilatih untuk disiplin dalam berbagai hal.

Dalam hal menjaga kebersihan, kita bisa belajar dari cara bersuci: wudhu atau tayamum. Setiap muslim yang akan melaksanakan shalat, bisa dipastikan ia telah bersuci.  Tempat dan pakaian yang digunakan untuk  shalat harus dipastikan tidak bernajis. Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa kita harus selalu menjaga kebersihan.

Melalui panggilan adzan dan iqamah, kita belajar disiplin waktu. Apapun yang sedang kita lakukan, ketika sudah mendengar adzan hendaknya kita segera bergegas menunaikan shalat. Menunda mengerjakan shalat akan berpengaruh pada kebiasaan menunda pekerjaan, yang berakibat tidak baik. Karena sejatinya, setiap waktu sudah memiliki beban pekerjaan tersendiri. Semakin banyak kita menunda, semakin banyak beban yang kita miliki.

Begitu pula dalam hal disiplin menjaga aurat. Salah satu syarat sahnya shalat adalah menutup aurat. Tidak akan ada muslim yang melaksanakan shalat tanpa menutup aurat dengan sempurna. Kesadaran ini sebaiknya dibawa dalam kehidupan kita untuk disiplin menjaga tertutupnya aurat di depan orang yang bukan mahram kita.

Pada gerakan shalat, kita akan belajar disiplin menaati prosedur. Tidak akan dijumpai seorang muslim yang sedang sholat, tiba–tiba melakukan gerakan sujud setelah rukuk. Pasti ia akan menunaikan i’tidal terlebih dahulu. Setiap gerakan shalat akan dijaga tertib sesuai dengan urutan gerakan yang telah dicontohkan Rasulullah SAW. Mari melatih disiplin diri dengan shalat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar