Senin, 13 April 2020

Penyuluhan Makanan Sehat


       Dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Upaya menjaga kesehatan tubuh salah satunya dengan makan makanan yang sehat. Makanan yang sehat ditentukan mulai dari bahannya, cara pengolahan, kemasan, dan penyajian.

      SDIT Salman Al Farisi 2, Ngemplak, Sleman mendapat kunjungan dari BPOM pada hari Kamis, 16 Fabruari 2017. Tujuan kunjungan ini adalah memberikan penyuluhan tentang makanan sehat kepada peserta didik.

       Penyuluhan makanan sehat ini terutama menyoroti jajanan yang dikonsumsi para siswa. Karena banyak beredar jajanan yang kurang sehat bagi tubuh manusia khususnya anak-anak untuk tumbuh kembangnya.

Anak-anak sebagai calon pemimpin di masa masa depan harus memiliki tubuh yang sehat. Kesehatan tubuh salah satunya dipengaruhi oleh asupan makanan yang sehat pula. Sehat dari bahannya dan cara pengolahannya, serta lingkungan tempat makanan tersebut dijual. 
       Akhir-akhir ini marak jajanan yang berbahaya bagi kesehatan. Didorong keinginan mengambil untung yang banyak, produsen makanan memakai bahan pewarna dan pengawet yang berbahaya.

Petugas dari BPOM menjelaskan ciri-ciri makanan yang memakai pewarna kain, yaitu warnanya lebih menyala atau mencolok. Melalui film kartun anak-anak juga diajak agar memperhatikan kebersihan lingkungan tempat makanan itu dijual. Seperti makanan harus tertutup, jauh dari tempat sampah, dan makanan dibungkus dalam kemasan yang aman, sehat dan bersih.

       Di samping memberikan penyuluhan, BPOM juga mengambil sampel jajanan yang dijual di kantin sekolah. Sampel ini akan akan diuji kandungan kimiawi dan bakterinya.

Keterangan:
Tulisan ini pernah dimuat di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta tahun 2017


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar