Sabtu, 25 April 2020

Sinergi antara Sekolah dan Pemerintah


Layaknya sebuah ideologi negara, pendidikan juga tak kalah urgen demi kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan adalah tonggak dalam menyambut sebuah masa depan yang menuntut sebuah kemajuan dalam berbagai bidang. Pendidikan yang berkualitas tentu harus ditunjang oleh banyak faktor salah satunya adalah kualitas sekolah.

Sekolah yang berkualitas tidak akan pernah lepas dari sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana di dalamnya. Sumber daya manusia yang terdiri dari guru, karyawan dan murid sudah seharusnya memiliki kemampuan yang mumpuni dan sesuai dengan potensi yang ada. Selain itu juga harus ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai yang berguna.

Fasilitas sekolah yang lengkap tentu akan membuat siswa semakin termotivasi untuk belajar dan memberikan kemampuan terbaiknya untuk sekolah. Contohnya adalah dengan menyediakan fasilitas laboratorium komputer, ruang seni dan laboratorium bahasa.

Peran aktif dari pihak sekolah dirasa kurang tanpa adanya dukungan dari pemerintah daerah maupun pusat. Terkadang sekolah yang unggul sekalipun belum tentu selalu mempunyai dana lebih untuk mengembangkan ke taraf yang lebih maju sesuai tuntutan zaman. Maka dari itu, andil dari pemerintah sangat penting untuk senantiasa memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Patut kita apresiasi tentang kebijakan BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang sudah sangat menolong banyak sekolah demi terciptanya kelancaran dari proses belajar mengajar. Bukan hanya bantuan finansial saja, pemerintah diharapkan agar selalu memberikan sosialisasi yang terarah demi terciptanya sekolah dan pendidikan yang berkualitas.

Di sisi lain, patut dicermati pula mengenai peraturan-peraturan dari pemerintah yang dalam beberapa tahun bisa berganti sehingga menuntut sekolah untuk kembali beradaptasi. Hal tersebut bisa saja menjadi suatu batu sandungan bagi beberapa sekolah dalam mempertahankan kemajuannya.

Belum lagi ancaman nyata yang bisa mempengaruhi performa dunia pendidikan di Indonesia, yakni banyaknya penyalahgunaan wewenang dan kasus korupsi yang dilakukan oleh beberapa oknum. Hal ini jelas sangat merugikan bagi sekolah dan mencoreng dunia pendidikan.

Sekolah yang berkualitas merupakan aset nyata bagi negara, yang telah mendapatkan generasi penerus dari masa ke masa. Sudah sepantasnya pihak sekolah dan pemerintah tetap menjaga hubungan yang harmonis demi terciptanya dunia pendidikan yang lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar