Jumat, 17 April 2020

Perpustakaan sebagai Sumber Belajar

Perpustakaan merupakan tempat untuk menyimpan koleksi bahan pustaka. Keberadaan perpustakaan diharapkan dapat menunjang proses belajar mengajar di madrasah, sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan.

Perpustakaan berfungsi sebagai taman bacaan dan sumber belajar untuk menumbuhkan minat baca peserta didik. Dengan tersedianya perpustakaan di setiap madrasah, maka akan memudahkan bagi para peserta didik untuk mengakses sumber belajar.

Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan, kegiatan belajar menuntut perubahan pelayanan. Pembelajaran tidak terpaku pada proses tatap muka di kelas tetapi harus mampu menjadikan perpustakaan madrasah sebagai sumber belajar.

Dalam rangka meningkatkan minat baca para peserta didik, madrasah perlu mengadakan program “Library Award”, yang memberikan penghargaan bagi para anggota perpustakaan di beberapa kategori. Misalnya peminjam buku terbanyak dan pengunjung teraktif.

Selain itu, perpustakaan madrasah juga bisa mengadakan lomba menulis sinopsis literasi, yaitu menulis rangkuman dari sebuah buku. Bisa juga mengadakan lomba membuat majalah dinding dan pojok literasi kelas.

Mari kita manfaatkan keberadaan perpustakaan madrasah dengan maksimal sehingga dapat bermanfaat sebagai pusat sumber belajar. Sehingga, seluruh warga madrasah bisa mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan yang lebih banyak. Salam literasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar