Senin, 01 Juni 2020

Mari Membina Generasi Muda

 


Tanggung jawab membina generasi muda semestinya bukan hanya dibebankan kepada para guru di sekolah. Selepas pulang sekolah, mereka masih memiliki banyak waktu luang. Mereka berinteraksi dengan keluarga dan bergaul dengan berbagai komunitas di masyarakat.

 

Tidak hanya lingkungan yang mempengaruhi karakter. Kemajuan informasi dan teknologi juga sangat berperan. Berbagai wawasan bisa diperoleh generasi muda kita dengan cepat dan mudah, baik yang positif maupun negatif. 

Sejatinya semua gempuran budaya yang bisa merusak karakter generasi muda kita bisa ditahan dengan imunitas. Imunitas inilah yang wajib kita berikan kepada generasi muda kita. Kekebalan yang muncul dari dalam diri akan menjadi benteng yang kuat untuk menghadapi berbagai pengaruh.

Satu-satunya jalan untuk menyuntikkan imunitas ke dalam diri generasi muda adalah dengan pembinaan yang intensif dan menyeluruh. Setiap kita dipanggil untuk menunaikan tugas suci ini, sebagai wujud tanggung jawab dan kepedulian kita atas masa depan bangsa.

Pembinaan generasi muda bisa dilakukan dengan berbagai metode dan pendekatan. Para guru di sekolah bisa membina para siswanya langsung saat pembelajaran. Dalam mata pelajaran apapun, penanaman karakter bisa dilakukan. Kegiatan ekstrakurikuler juga efektif untuk misi ini. Kedekatan yang lebih antara siswa dengan pembina ekstrakurikuler menjadi nilai lebih untuk membangun karakter yang baik.

Pembinaan nonformal bisa dilakukan di masyarakat. Berbagai lembaga seperti Taman Pendidikan Alquran, madrasah diniyyah, pondok pesantren dan majlis-majlis taklim menjadi medianya. Namun demikian, lembaga-lembaga tersebut juga memiliki keterbatasan.

Terbaru, pembinaan remaja bisa dilakukan berbasis masjid, berupa remaja masjid. Saat ini sudah banyak bermunculan remaja-remaja masjid yang aktif membina generasi muda. Pendekatan dan metodenya pun termasuk kreatif dan inovatif, menyesuaikan dengan kemajuan zaman.

Di setiap masa, akan selalu ada yang berperan sebagai agen perubahan. Dan tampaknya, gelombang kebangkitan remaja masjid akan menjadi salah satu jawaban atas berbagai persoalan generasi muda kita hari ini. Mari kita dukung dan kita hidupkan kegiatan remaja masjid di tempat kita masing-masing!    


Keterangan: Tulisan di atas pernah dimuat di Harian KR Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar