Senin, 01 Juni 2020

Tips Menghafal Alquran

Menjadi penghafal Al-Qur’an adalah impian bagi kita semua umat Islam baik anak-anak, dewasa atau orang tua. Semua berlomba-lomba mencari solusi atau metode agar hafalannya mudah dihafal/ bacaannya baik dan fasih. 

Akan tetapi, jika hafalan yang kita hafal susah dihafal atau susah nyantol, kita perlu bermuhasabah atau instropeksi diri. Apakah dosa-dosa kecil telah menutup pintu otak kita dalam menerima ilmu. Apakah makanan yang kita makan halal? Atau kita terlalu sibuk mengurusi urusan dunia? Sehingga kita lupa dengan Alquran? Naudzubillah semoga kita dihindarkan dari perbuatan buruk.

Berikut trik agar hafalan kita cepat hafal: usahakan mushaf yang kita pakai adalah mushaf/ Alquran ayat-ayat pojok; cari tempat yang mendukung, misal: di masjid, mushola, atau di tempat sunyi sepi agar pikiran kita tenang dan fresh; pilih waktu yang tepat seperti ba’da maghrib, setelah tahajud dan setelah sholat subuh; mulailah dari ayat-ayat yang mudah dihafal seperti juz 30, 29, 28.

Selain itu, diupayakan sebelum ayat-ayat yang disebutkan diatas dihafalkan, usahakan dibaca berulang-ulang sampai lidah kita lancar membacanya. Setelah itu baru mulai dihafal satu persatu ayat-ayatnya. Usahakan hafalan kita sudah matang dan lancar untuk direview setiap saat dimanapun dan kapanpun. Jagalah hafalan kita dengan murojaah dan diterapkan kedalam sholat-sholat kita.

Hal lain yang mendukung adalah memutar MP3 murotal Alquran setiap hari. Lebih baik kita menghafal dan murojaah disimak oleh rekan seperjuangan atau orang yang kita percayai. Semoga kita dimudahkan dalam menghafal Alquran. Aamiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar