Jumat, 10 September 2021

Menulis di Dunia Maya, Meraih Satu Juta Pertama dari Internet


         Saya baru tahu, ternyata banyak sekali peluang untuk mendapatkan tambahan finansial dari menulis di internet. Sebelumnya, yang saya tahu, koran dan majalah lah yang memberikan honor untuk para penulis yang dimuat naskahnya. Saya pernah merasakan manisnya mendapatkan honor dari menulis di koran dan majalah. Maka, saya merasa sangat beruntung bisa membaca buku ini.

Buku ini diberi judul yang sangat menarik, yang membuat saya langsung memesan begitu buku ini terbit. Wajar saja, sebagai orang yang suka menulis, ingin rasanya mendapatkan nilai lebih, selain kepuasan batin ketika tulisan kita dimuat di sebuah media dan dibaca oleh banyak orang. Apalagi, kemudian viral ke mana-mana yang disebarkan oleh para pembaca yang menyukai tulisan kita.

Buku ini praktis, tidak terlalu tebal dan ringan dibawa. Isinya juga simpel dan langsung to the point. Tidak hanya bagi orang yang sudah terbiasa menulis, orang yang sama sekali belum pernah menulispun bisa mengikuti alur buku ini. Sebab, di bagian awal buku, penulis memberi motivasi kepada para pembaca, mengapa kita menulis. Cuplikan motivasi dari Andrea Herata, Kyai HAMKA, Taufik Ismail hingga Tere Liye sangat dalam saya rasakan, bahkan bisa saya hafalkan.

Setelah cukup dengan motivasi menulis, buku ini mengajak kita kita untuk mulai menulis di internet. Penulis memberikan berbagai alternatif bagi para pembaca. Ada panduan membuat dan menulis di blog. Ada juga informasi menjadi penulis di berbagai media online. Penulis juga memandu kita bagaimana mengolah tulisan agar ramah mesin pencari (search engine) dan bagaimana agar blog kita dikunjungi oleh banyak orang.


         Ujung dari buku ini sangat indah. Sebuah ilmu baru bagi kita bahwa kemampuan menulis yang diasah, bisa membawa penulisnya mendapatkan finansial yang lumayan. Penulis buku ini juga memberikan contoh bukti-bukti honor yang ia peroleh dari tulisan-tulisannya yang dimuat di internet.

Buku ini sekarang menemani aktifitas saya dalam menulis. Bahkan, ia menjadi salah satu motivasi saya untuk selalu menulis. Bila saya kurang mood, maka salah satu cara yang saya lakukan adalah membuka kembali buku ini, dan merasakan energi kebajikan dan kebermanfaatan dari para penulis yang sudah berhasil, yang dimuat nama-namanya di buku ini.

Buku ini telah mendorong saya untuk mendaftar sebagai penulis freelance di beberapa portal jasa menulis, dan juga sebagai kontributor di media online. Akhirnya mulailah saya mengirimkan tulisan di internet. Meskipun hingga saat ini belum ada tulisan saya yang dimuat, saya yakin ini hanya masalah waktu saja. Sebab, sebagaimana yang dipesankan oleh buku ini, semua keberhasilan membutuhkan proses.

Mari teman-teman, kita miliki buku ini untuk menambah khasanah kita dalam dunia kepenulisan. Semoga kita mendapatkan banyak manfaat dari buku ini. Buku setebal 139 halaman ini dijual dengan harga Rp.50.000,00, belum termasuk ongkos kirim. Untuk area DIY, ditambah ongkos kirim sebesar Rp.5.000,00. Adapun untuk luar DIY, biaya ongkos kirim menyesuaikan. Teman-teman bisa memesan buku ini, dengan menghubungi nomer WA saya berikut: wa.me/62895380726427. Selamat membaca...


1 komentar: